Edisi 2_Kompetisiblog_Peran Masyarakat Lokal Dalam Mendukung SEA GAMES 2011 di Bidang Pariwisata

               ASEAN sebagai organisasi yang terdiri dari negara- negara di Asia Tenggara memiliki banyak tujuan untuk mencapai kemajuan bagi seluruh negara di wilayah tersebut. Salah satu diantaranya adalah mengeratkan hubungan dan kerjasama antar negara dengan cara mengadakan event- event tertentu seperti SEA GAMES yang diadakan setiap 2 tahun sekali. SEA GAMES yang ke-26 pada tahun ini diadakan di Indonesia yang sebelumnya juga pernah menjadi tuan rumah pada tahun 1997.
              Indonesia sebagai tuan rumah harus banyak berbenah untuk menambah daya tarik para warga negara asing terutama yang berasal dari Asia Tenggara agar mereka mendapatkan kenyamanan dalam menyaksikan peserta SEA GAMES asal negaranya bertanding.
              Apakah mereka berkunjung ke Indonesia hanya untuk menyaksikan pemain favoritnya bertanding? Tentu saja tidak. Indonesia sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam, suku dan budaya, kesenian, dan peninggalan purbakala menjadi daya tarik turis ketika mereka berkunjung ke Indonesia. Modal tersebut harus dipotimalkan melalui penyelenggaraan kepariwisataan yang bertujuan untuk menarik para wisatawan untuk mengunjungi Indonesia, selain itu juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun semua itu tidak akan terwujud jika pemerintah dan masyarakat lokal tidak bekerjasama dalam membenahi dan ikut memeriahkan acara SEA GAMES yang berlangsung sekarang ini.
               Pemerintah setempat dalam menangani pengembangan pariwisata haruslah merencanakannya dengan matang. Dapat kita ambil contoh, pengembangan pariwisata seharusnya tidak mengutamakan aspek fisik saja, tetapi juga mempertimbangkan aspek non-fisik seperti pertunjukan seni atau adat istiadat yang lainnya. Contoh yang lain, pemerintah juga harus melibatkan masyarakat setempat untuk sama-sama merevitalisasi tempat wisata tersebut agar masyarakat ikut "memiliki". Kesadaran masyarakat dalam memelihara tempat wisata sebagai rumah kedua mereka harus lebih ditingkatkan karena pada dasarnya pemerintah membutuhkan dukungan moral dari masyarakat setempat untuk mendapatkan pengunjung yang sebanyak-banyaknya. Bayangkan jika ada turis mancanegara yang setelah menyaksikan pertandingan SEA GAMES, lalu ia mengunjungi suatu tempat wisata yang menurutnya menarik. Tapi setelah sampai disana ia kecewa karena sambutan dari masyarakat setempat kurang hangat atau tidak menyenangkan, padahal sarana dan pra sarana yang ada di lokasi wisata tersebut sudah lengkap. Kasus lain, kebersihan dari lokasi wisata itu sendiri. Siapa lagi jika bukan masyarakat sekitar yang direkomendasikan untuk memelihara lokasi wisata tersebut? Untuk itulah perlunya kesadaran dan dukungan masyarakat dalam memelihara lokasi wisata sebagai wujud keikutsertaan mereka dalam memeriahkan acara SEA GAMES.
               Jika dilihat dari sisi kepariwisataannya, adanya event SEA GAMES ini sangat membawa banyak keuntungan untuk melakukan promosi tempat-tempat wisata di Indonesia yang tidak kalah menariknya dengan yang ada di mancanegara. Selama acara ini berlangsung kita dapat memanfaatkannya sebagai salah satu media perkenalan antara turis yang datang dengan berbagai macam budaya dan destinasi pariwisata yang kita punya. Apabila tempat wisata di Indonesia sudah terpelihara, turis yang datang akan mempromosikannya ke berbagai pelosok dunia baik dengan cara langsung bercerita mulut ke mulut maupun membuat tulisan di dunia maya. Hal ini akan menarik perhatian turis-turis lain untuk datang ke Indonesia sebab ingin turut menikmati pariwisata di negara kita. Dengan bertambahnya turis yang datang, akan banyak membuka lahan usaha di tempat pariwisata tersebut seperti usaha di bidang kuliner, souvenir, merchandise dan lain sebagainya.             
               Masyarakat lokal atau pengusaha kecil menengah juga harus diberi kesempatan untuk dapat terlibat sebagai pelaku usaha bidang pariwisata. Selain menambah penghasilan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,  hal ini juga berguna untuk mengajak masyarakat agar lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan barang. Sehingga mereka tidak tinggal diam jika melihat ada barang yang bisa dimanfaatkan untuk kelangsungan hidupnya. Misalnya, barang-barang bekas dapat mereka manfaatkan menjadi souvenir yang bentuk atau gambarnya adalah komodo (ikon SEA GAMES tahun 2011).
                Diselenggarakannya SEA GAMES membuat pemerintah gencar dalam melakukan pembenahan untuk memberikan kenyamanan bagi orang-orang yang berkunjung. Selain itu juga pemerintah pasti akan melibatkan masyarakat lokal untuk turut serta dalam pembenahan lokasi untuk pertandingan maupun lokasi pariwisata. Peningkatan peran serta masyarakat dalam pengembangan pariwisata dari proses perencanaan hingga pelaksanaan pembangunan juga sangat penting. Dengan begitu, sense of belonging terhadap tempat tersebut akan meningkat pada masyarakat lokal dengan sendirinya.

0 komentar:

Posting Komentar