Edisi 1_Kompetisiblog_7 wonders di Indonesia selain pulau komodo

Banyak sekali destinasi pariwisata di Indonesia dari Sabang hingga Merauke yang sebenarnya layak menjadi 7 wonders disamping Pulau Komodo. Berikut adalah tempat yang menurut kami layak menjadi The New 7 Wonders di Indonesia.

1. Raja Ampat, Papua Barat.
Raja Ampat ini terletak di provinsi Papua Barat, Raja Ampat, atau Empat Raja, merupakan negara kepulauan yang terdiri lebih dari 1.500 pulau-pulau kecil. Kepulauan Raja Ampat meliputi lebih dari 40.000 km ² darat dan laut, yang juga mengandung Cenderawasih Bay, taman nasional laut terbesar di Indonesia. Nama Raja Ampat berdasarkan legenda daerah sekitar yaitu dimulai dengan ditemukannya 6 butir telur oleh Raja Pulau Waigeo Waikew dalam. Satu dari 5 telur ini tidak retak sehingga menjadi batu telur sampai sekarang. Dari telur kelima yang telah retak, 4 telur itu menjadi laki-laki yang menjadi raja dari empat pulau besar yaitu Waigeo, Batanta, Salawati dan Misool. Sementara telur satu menjadi seorang wanita, telah terdampar di Pulau Biak. Wanita yang lahir adalah seorang anak bernama Gura Besi yang dikenal sebagai orang sejarah Raja Ampat, yang muncul karena cerita heroik di pulau tersebut. 

Peta wilayah Raja Ampat
Menurut catatan Conservation International, survei kelautan mereka menunjukkan bahwa keragaman kehidupan laut di wilayah Raja Ampat merupakan yang tertinggi yang pernah tercatat di Bumi. Kepulauan Raja Ampat terletak di jantung pusat segitiga karang dunia (Coral Triangle) dan merupakan pusat keanekaragaman hayati laut tropis terkaya di dunia. Keragaman biota alamnya jauh lebih besar daripada daerah lain seperti sampel dalam Coral Triangle terdiri dari Indonesia, Filipina dan Papua Nugini. Terumbu Karang yang terdapat disana merupakan jantung keanekaragaman hayati terumbu karang dunia, membuat Raja Ampat sangat mungkin menjadi ekosistem terumbu karang terkaya di dunia saat ini.  Untuk itulah kami menunjuk Raja Ampat sebagai salah satu destinasi pariwisata di Indonesia yang layak untuk menjadi 7 wonders. Menurut data yang kami dapatkan, keanekaragaman karang di Raja Ampat, ketahanan, dan peran sebagai sumber untuk penyebaran larva membuatnya menjadi prioritas global untuk perlindungan laut. 1.309 spesies ikan, 537 jenis karang, dan 699 spesies moluska, berbagai kehidupan laut tidak dapat diterka dan menakjubkan.
Untuk mencapai pulau ini satu-satunya transportasi antar pulau dan penunjang kegiatan masyarakat Raja Ampat adalah angkutan laut sebab mereka daerah kepulauan. Demikian juga untuk menjangkau ibu kota kabupatennya yaitu Waisai. Bila menggunakan pesawat udara, menuju kota Sorong terlebih dahulu. Setelah itu, dari Sorong perjalanan ke Waisai dilanjutkan dengan transportasi laut. Sarana yang tersedia adalah kapal cepat berkapasitas 10, 15 atau 30 orang. Waisai dapat dijangkau dalam waktu 1,5 hingga 2 jam perjalanan.

 Destinasi terbaik yang ada disana....    
  • Raja ampat ini sangat indah apabila kita melakukan diving di perairannya. Ada beberapa perairan yang memiliki koleksi kapal karam hasil dari Perang Dunia II yaitu di daerah perairan Salawati dan pulau Wai. Tempat menyelam yang terkenal dengan blue mangrove-nya di perairan pulau Misool.
  • Kita dapat berenang bersama hiu-hiu di bagian timur laut kep. Wayag, yang terdapat gua bawah laut. Gua ini sering dikunjungi oleh hiu karang abu-abu.
  • Atraksi memberi makan ikan cukup dilakukan di Dermaga Pantai Selat Dampir ikan laut warna-warni.
  • Gua Kelelawar. Di gua ini banyak sekali kelelawar yang bertengger di batu karang. Di dalam gua ini juga terdapat makam kuno penduduk asli yang berada di dalam karang. Terdapat kerangka manusia yang asli di gua ini.
  • Gua di Waigeo, dimana ditemukannya jenis-jenis antrophoda yang belum dikenal sebelumnya yang tidak dapat ditemukan dimanapun. Di perairan Waigo ini juga terdapat stasiun pencucian pari manta. Mereka selalu membersihkan diri dari parasit-parasit di tubuhnya berjam-jam disini. Adapula satu tempat di daerah Batanta yang terdapat burung lokal langka yang bernama mangkwap.
  • Situs Lukisan tepi pantai di Raja Ampat.
Memang mengunjungi Raja Ampat ini dibutuhkan biaya cukup mahal, akan tetapi keindahan akan pantai dan lautnya yang menakjubkan tidak akan membuat kita merasa menyesal mengeluarkan biaya tersebut, tempat ini memang layak untuk menjadi satu dari 7 wonders di dunia.



        0 komentar:

        Posting Komentar