Edisi 5_Kompetisiblog_Usaha dalam Memperkenalkan STP Bandung melalui UKM/ HIMA

             Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung atau dikenal dengan nama NHI yang terletak di jalan Dr. Setiabudhi no. 186 merupakan perguruan tinggi yang bernaung di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. STP Bandung memiliki visi : Menjadi Institusi Pendidikan Tinggi Kepariwisataan terkemuka di Dunia yang tetap berkepribadian Indonesia pada tahun 2016. Misi STP Bandung yaitu:
1.  Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran dibidang pariwisata melalui pengembangan kapasitas  
     belajar.
2.  Meningkatkan kualitas dan ragam penelitian untuk pengembangan keilmuan dan teknologi kepariwisataan  
     berbasis kearifan lokal.
3.  Meningkatkan kapasitas aplikasi keilmnuan pariwisata melalui pengabdian masyarakat dalam rangka 
     meningkatkan kesejahteraan.
4.  Memposisikan diri sebagai agen pembaharu dalam mendorong kemandirian pembangunan kepariwisataan 
     nasional.
5.  Berperan sebagai simpul utama jejaring pendidikan tinggi kepariwisataan Indonesia.
              STP Bandung saat ini memiliki tiga jurusan, yaitu hospitaliti, perjalanan, dan pariwisata. Tingkat yang ada adalah D-I, D-II, D-III, D-IV, S-1, dan Magister Manajemen Pariwisata. Untuk memberikan kualitas terhadap mahasiswanya dalam pengetahuan akademik dan praktik, STP Bandung bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri. Untuk mencapai keterampilan mahasiswa, STP Bandung memperkayanya dengan Praktik Laboratorium, Studi Lapangan, dan Praktik Kerja Nyata.
               Fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap, mulai dari lab. bahasa, lab. komputer, mesjid, sarana praktik untuk program studi MDK, MTB, MTH, dan MPI, hotel praktik, sarana olahraga, perpustakaan, hingga asrama khusus putri. Selain itu banyak Unit Kegiatan Mahasiswa yang dapat diikuti, antara lain IKMM, PMK, KMK, Senat Mahasiswa, Basket, dsb. 
                STP Bandung sebagai perguruan tinggi yang sudah dikenal di dalam maupun luar negeri, mahasiswanya perlu menunjukkan kemampuan dan bakat yang dimiliki dengan melakukan kegiatan/ event yang diorgansir melalui HIMA/UKM. Organisasi tersebut dapat menyelenggarakan PSBM (Pekan Seni Budaya Mahasiswa) yang dibuka untuk umum, sehingga banyak orang dari luar lingkungan kampus dapat melihat seperti apa keadaan STP Bandung dan bagaimana isi dari kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan. Selain itu, tema yang dicanangkan harus menarik dan promosi harus gencar dilakukan. Kita bisa menyebarkan flyer, memasang poster di tempat-tempat yang banyak dilalui oleh khalayak ramai, membuat iklan di beberapa website atau di media massa. 
                Banyak manfaat yang akan didapat, diantaranya akan banyak orang yang menilai bahwa mahasiswa STP Bandung tidak hanya concern dengan masalah pariwisata, tapi juga kreatif, inovatif, dan memiliki sense of art yang baik. Selain itu juga STP Bandung dapat menjadi perguruan tinggi yang diminati oleh pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya di bidang pariwisata.




0 komentar:

Posting Komentar